Kunci Sukses

Siapa yang sudah tau kunci sukses? Bukan meme yang menyebut key of success adalah kunci sukses loh yaa :D
Banyak orang dewasa yang menyebutkan bahwa kunci sukses adalah fokus. Ya. Fokus. Kata yang sering diucapkan para motivator. Satu kata yang sebenarnya cukup sulit dilakukan.
Definisi sukses sendiri sebenarnya bermacam-macam. Banyak pakar yang mendefinisikannya. Pada intinya sukses setiap orang itu berbeda. Bergantung pada umur, lingkungan, status dan lain-lainnya. Seorang siswa wajar menyebut sukses adalah mendapat prestasi  yang baik di sekolah. Seorang pekerja maupun pengusaha menyebut sukses adalah ketika sudah bisa mandiri dan terbebas dari masalah keuangan dan ada pula orang yang menyebut sukses adalah bisa selamat di akhirat kelak. Tidak ada yang salah karena semuanya memang benar.  Ada yang lebih menyebutkan kepada sukses dunia dan ada yang sukses akhirat. Kuncinya sama yaitu ''fokus''.
Bagaimana caranya agar kita bisa fokus? Yang pertama dilakukan adalah mengenali diri sendiri. Siapakah kamu? Siswa kah. Mahasiswa kah. Pekerja kah. Ataukah pengusaha? Kemudian tentukan sukses menurut versimu dan selaraskan dengan statusmu. Misalkan kamu adalah siswa. Sukses versimu adalah bisa mendapatkan prestasi yang bagus di sekolah agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang bergengsi ataupun agar bisa mendapatkan beasiswa, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar usaha apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesuksesan itu. Menyusun ulang jadwalmu dari mulai bagun pagi sampai malam yang berisi kegiatan belajar, bermain dan tidur. Fungsi membuat daftar agar kamu bisa menggunakan waktu dengan baik antara belajar, bermain dan tidur (mengapa harus menentukan waktu bermain? Karena kamu tetap perlu bermain namun tidak boleh dengan waktu yang berlebihan). Kamu juga harus bisa menentukan seberapa sering membuka handphone. jika kamu sudah menentukan jadwalnya mulailah melakukan kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan. membuat jadwal seperti keterangan di atas tidaklah sulit. Yang sulit adalah ketika melaksanakannya. Meskipun sulit, setidaknya kamu mencobanya. Sehingga kamu bisa merefleksi diri seberapa seringkah kamu melanggar jadwalmu sendiri. Dari situ kamu akan dapat menentukan seberapa besar peluang suksesmu. Semakin kamu taat dengan jadwalmu, semakin besar peluangmu menuju sukses. kuncinya ''fokus pada misi suksesmu''. Dan fokus itu akan bisa didapat jika kamu bisa disiplin menjalankan jadwal yang telah kamu tentukan.