Hanabi Indah di negeri sakura

Hanabi adalah frasa dalam Bahasa Jepang yang berarti ''kembang api''. Di indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan kembang api. Setiap tahun pada malam tahun baru kita bisa menikmati pesta kembang api. Lalu bagaimana dengan kembang api (hanabi) di Jepang? Adakah keistimewaannya?
Ya, tentu saja ada. "Hanabi'' bukan hanya sekedar kembang api. Di jepang ''hanabi'' dibuat menjadi salah satu festival rutin tahunan. Untuk festival hanabi ada ''hanabi taikai'', kita bisa menikmati hanabi dengan durasi 60 - 90 menit dengan berbagai macam bentuk kembang api di angkasa. Ada bentuk wajah manusia, binatang maupun bentuk alam (puas banget hehe).
Festival hanabi di jepang bisa dinikmati pada saat musim panas sekitar bulan Juli - Agustus. Pada saat festival biasanya perempuan jepang menggunakan pakaian tradisional ''yukata'' atau bisa disebut kimono musim panas. Menjadi daya tarik tersendiri untuk para turis yang berkunjung di sana.
Lalu bagaimana dengan turis yang datang tidak pada saat musim panas? Apakah bisa menikmati hanabi? Sebenarnya ada alternatif lain yaitu pergi ke Tokyo Disneyland. Di sana setiap harinya menjelang waktu tutup sekitar pukul 20.30 kita bisa menikmati keindahan hanabi dengan bentuk yang beraneka macam (selama cuaca mendukung). Namun memang kira harus merogoh kocek yang lumayan untuk itu, jika dirupiahkan sekitar 700 ribu rupiah per orang. Jika tidak mau merogoh kocek sebanyak itu untuk menikmati hanabi, maka berkunjunglah ke jepang saat musim panas.


Hanabi Taikai

Hanabi di Tokyo Disneyland
 Sumber gambar :
http://www.gsecw.com
http://癒され画像.seesaa.net