Kehidupan di Jepang

Jepang identik dengan kerja kerasnya. Ada yang sudah pernah bekerja sama atau memiliki partner kerja orang jepang? Pasti pertama yang terpikir adalah ''gila kerja''. Bahasa halusnya loyalitas kerja yang begitu tinggi. Disiplin sudah menjadi budaya hidup mereka. Tepat waktu ketika menghadiri suatu acara ataupun janji (tidak seperti orang Indonesia hehehe...). Mereka pun terbiasa tertib lalu lintas, tertib mengantri, membuang sampah pada tempatnya dan hal-hal disiplin lainnya yang seringkali kita anggap sebagai hal sepele dan tidak perlu diperhatikan. Bayangkan, untuk membeli ayam panggang di suatu stand makanan saja mereka secara
otomatis berbaris ke belakang. Iya, berbaris ke belakang seperti antri di loket. Bukan berjejer di depan meja atau bahkan mengerumuni sampai si penjual tidak kelihatan wujudnya :D. Di toilet pun seperti itu, antri di ujung pintu toilet terdepan. Jadi orang yang antri pertama akan masuk toilet lebih dulu tergantung pintu mana yang lebih dulu terbuka. Jika di sini biasanya antri toilet di depan setiap pintu toiletnya. Yang datang dulu belum tentu bisa masuk toilet duluan, tergantung cepat tidaknya pengguna toilet sebelumnya. Tidak jarang kita mengalami sudah antri lama-lama, malah orang yang disamping bisa memakai toilet duluan karena toilet di samping, pengguna sebelumnya cepat lebih keluar hehehe...
Kembali lagi ke budaya disiplin kerja, mereka sudah memperhitungkan waktu dan jadwal dengan tepat. Mereka akan datang kerja lebih awal namun tidak buru-buru pulang. Bagi mereka, lembur adalah hal biasa. Banyak manusia dengan umur di atas 60 yang masih bekerja, dan datang tepat waktu. Terbayang tidak, seorang kakek berumur lebih dari 60 tahun bekerja di sebuah sekolah dan masih mampu naik turun lantai 3. Daya tahan tubuhnya hebat bukan. Sedangkan kita yang masih muda sering mengeluh lelah naik turun tangga ataupun jalan bolak balik ke ruangan.
Demikian sedikit ulasan tentang kehidupan disana, bisa membuat kita memiliki perbandingan bukan mengapa di sana menjadi negara yang maju pesat dan di sini ... ah sudahlah. Insya Allah tetap bisa maju hehehe.
Karena pemuda-pemuda Indonesia sekarang semakin banyak yang inspiratif. Lain waktu kita bahas sisi kehidupan lainnya tentang Jepang.
Aktivitas pekerja di Jepang

Sumber gambar: 





www.sukajepang.com