BAB 15 TOSHO-SHITSU DE HON O YOMIMASU

Pembahasan Materi kali ini tentang kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah. Tujuannya agar siswa bisa memberikan informasi tentang kegiatan yang dilakukannya di sekolah, dalam Bahasa Jepang tentunya. Semoga bermanfaat.


Kosakata :
<kata kerja>
Mimasu
:
Melihat
Kakimasu
:
Menulis
Kikimasu
:
Mendengarkan
Yomimasu
:
Membaca
benkyōshimasu
:
Belajar
Supōtsu o shimasu
:
Olahraga

<tempat>
LL kyōshitsu
(baca: eru eru kyōshitsu)
:
Ruang Lab Bahasa
Kyōshitsu
:
Ruang kelas
Tosho shitsu
:
Ruang perpustakaan

<kata benda>
Bideo
:
Video
Tēpu
:
Tape radio
Supōtsu
:
Olahraga
** pada kosakata Supōtsu o shimasu dengan Supōtsu artinya sama-sama “olahraga”. Bedanya, kalau Supōtsu o shimasu itu menunjukkan aktifitas (kata kerja). Sedangkan Supōtsu itu kata bendanya.

Pola Kalimat
(tempat) de (benda) o (kata kerja).
Contoh:
a.      Kyōshitsu de hon o yomimasu.
Kyōshitsu de : Di kelas
hon o yomimasu : membaca buku
jadi, Kyōshitsu de hon o yomimasu = membaca buku di kelas.
*arti masing-masing kata tinggal samakan dengan warnanya.
b.      LL- kyōshitsu de tegami o kakimasu. (menulis surat di Ruang Lab. Bahasa).
c.      Toshoshitsu de hon o yomimasu. (membaca buku di perpustakaan).
d.      Kyōshitsu de ongaku o kikimasu. (mendengarkan musik di kelas).

*catatan:
kata yang bergaris tebal di atas adalah partikel. Ingat! Partikel sebenarnya tidak memiliki arti namun memiliki fungsi.
Partikel de berfungsi menunjukkan tempat (contoh:Kyōshitsu de “di sekolah).
Partikel o berfungsi menunjukkan objek (contoh: hon o yomimasu “membaca buku”).

BENTUK PERTANYAAN
doko de” menanyakan “di mana”
Contoh:
Q : Doko de bideo o mimasuka. (melihat video di mana?)
A : Toshoshitsu de mimasu. (melihat di perpustakaan).
 *ingat bentuk “kaberati bentuk pertanyaan. Jadi meskipun tidak ada tanda tanya, “ka” sudah mewakili tanda tanya.

Ii desuka, dekimasuka. (bisa?) :D

Renshuushimashou (ayo berlatih!)
Ubahlah ke dalam Bahasa Jepang.
1.      Membaca Koran di perpustakaan. (Koran = shinbun)
2.      Mendengarkkan Tape radio di ruang Lab. Bahasa.
3.      Menulis surat di kelas.
4.      Q: belajar di mana?
A: belajar di ruang Lab. Bahasa.
5.      Q: berolahraga di mana?
A: berolahraga di halaman sekolah (halaman sekolah = kōtē)

untuk melihat hasil jawaban yang benar klik di sini

<Diadaptasi dari buku sakura 1, Hak cipta The Japan Foundation)