Pembahasan Materi kali ini tentang kegiatan yang biasa
dilakukan di sekolah. Tujuannya agar siswa bisa memberikan informasi tentang kegiatan yang dilakukannya di sekolah, dalam
Bahasa Jepang tentunya. Semoga bermanfaat.
Kosakata :
<kata kerja>
Mimasu
|
:
|
Melihat
|
Kakimasu
|
:
|
Menulis
|
Kikimasu
|
:
|
Mendengarkan
|
Yomimasu
|
:
|
Membaca
|
benkyōshimasu
|
:
|
Belajar
|
Supōtsu o shimasu
|
:
|
Olahraga
|
<tempat>
LL kyōshitsu
(baca: eru eru kyōshitsu)
|
:
|
Ruang Lab Bahasa
|
Kyōshitsu
|
:
|
Ruang kelas
|
Tosho shitsu
|
:
|
Ruang perpustakaan
|
<kata benda>
Bideo
|
:
|
Video
|
Tēpu
|
:
|
Tape radio
|
Supōtsu
|
:
|
Olahraga
|
** pada kosakata Supōtsu o shimasu dengan Supōtsu artinya sama-sama “olahraga”.
Bedanya, kalau Supōtsu o shimasu itu menunjukkan
aktifitas (kata kerja). Sedangkan Supōtsu itu kata bendanya.
Pola Kalimat
(tempat) de
(benda) o (kata kerja).
Contoh:
a. Kyōshitsu de hon o yomimasu.
Kyōshitsu de : Di kelas
hon o yomimasu : membaca
buku
jadi, Kyōshitsu de hon o yomimasu = membaca buku di kelas.
*arti masing-masing kata tinggal
samakan dengan warnanya.
b. LL- kyōshitsu de tegami o kakimasu.
(menulis surat
di Ruang Lab. Bahasa).
c. Toshoshitsu de hon
o yomimasu. (membaca buku di
perpustakaan).
d. Kyōshitsu de ongaku o kikimasu. (mendengarkan musik
di kelas).
*catatan:
kata yang bergaris tebal di atas adalah partikel. Ingat! Partikel
sebenarnya tidak memiliki arti namun memiliki fungsi.
Partikel de berfungsi menunjukkan tempat
(contoh:Kyōshitsu de “di sekolah).
Partikel o berfungsi menunjukkan objek
(contoh: hon
o yomimasu
“membaca buku”).
BENTUK
PERTANYAAN
“doko de”
menanyakan “di mana”
Contoh:
Q : Doko de bideo o mimasuka. (melihat
video di mana?)
A : Toshoshitsu de mimasu. (melihat
di perpustakaan).
*ingat bentuk “ka”
berati bentuk pertanyaan. Jadi meskipun tidak ada tanda tanya, “ka” sudah
mewakili tanda tanya.
Ii desuka,
dekimasuka. (bisa?) :D
Renshuushimashou (ayo berlatih!)
Ubahlah ke dalam Bahasa Jepang.
1. Membaca Koran
di perpustakaan. (Koran = shinbun)
2. Mendengarkkan
Tape radio di ruang Lab. Bahasa.
3. Menulis
surat di kelas.
4. Q: belajar di
mana?
A: belajar di ruang Lab. Bahasa.
5. Q:
berolahraga di mana?
A: berolahraga di halaman sekolah (halaman sekolah = kōtē)
untuk melihat hasil jawaban yang benar klik di sini
<Diadaptasi dari buku sakura 1, Hak cipta The Japan Foundation)